Monday, October 30, 2017

Cerdas Dalam Memilih Mainan untuk Anak

Mainan adalah barang kesukaan anak-anak. Tiap anak kecil, pasti mengidamkan mainan apa saja yang dilihatnya. Semakin mainan itu terlihat menarik, maka anak kecil akan semakin tertarik dan menginginkan mainan tersebut.untuk dimilikinya. Namun, sebagai orang tua, sebaiknya bijaklah dalam memilih mainan untuk anak. Jangan sampai kita selalu memberikan mainan yang diinginkan anak, namun tidak sesuai untuk dimainkan oleh si anak. Dan sebaiknya, jangan membuang uang hanya demi bisa membuat anak itu puas dan senang. Bagaimana pun, sebagai orang tua sebaiknya harus bisa mengontrol keinginan anak, untuk bisa memilih mana mainan yang baik dan berguna untuk dirinya.


Berikut adalah tips bagaimana kita bisa memilih mainan yang cocok untuk anak kecil sesuai dengan kebutuhan anak tersebut:


1. Perhatikan usia anak tersebut. 
Biasanya, mainan anak yang berkualitas, mempunyai standart umur di kemasannya. Jadi pilihlah mainan anak sesuai dengan usia si anak yang hendak kita berikan.

2. Pilih mainan yang berfungsi juga sebagai stimulasi.
 Sebaiknya, memilih mainan yang bisa merangsang panca inderanya. Seperti mainan dengan bunyi-bunyian, bisa merangsang indera pendengarannya. Atau jika si anak masih balita dan masih dalam masa pertumbuhan, maka pilihlah mainan yang bisa melatih kemampuan motoriknya.

3. Mainan sebagai media pembelajaran. 
Untuk anak yang belum sekolah sama sekali, sebaiknya pilihlah mainan yang juga berfungsi sebagai media pembelajaran. Seperti mainan huruf-huruf, buku mewarnai, atau lego, yang bisa merangsang anak dalam membangun sesuatu seperti rumah atau mobil.

4. Pilihlah mainan yang sekiranya aman untuk dimainkan. 

Mainan biasanya sangat menarik karena bisa bergerak atau bentuknya yang lucu. Namun biasanya mainan tersebut bisa saja membahaykan. Mungkin ada mobil-mobilan yang salah satu sisinya punya bentuk tajam, seperti pesawat-pesawatan. Agar tidak melukai anak, maka orang tua perlu memperhatikan mainan yang dibelinya sebelum akhirnya diberikan pada si Anak. Jika mainan itu dirasa aman, maka tak ada salahnya orang tua memberikannya pada si anak.

Itu dia 4 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan untuk anak kecil. Semoga info ini bermanfaat bagi para orang tua muda maupun calon-calon orang tua yang hendak menyambut anak pertama.

No comments:

Post a Comment