Thursday, October 12, 2017

JUICER VS BLENDER

Banyak orang menyangka bahwa juicer dan blender itu sama, padahal faktanya tidak. Perbedaan ini kadang membuat bingung banyak orang yang ingin membeli peralatan elektronik yang mampu menghasilkan minuman cair. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli juicer atau blender, ada baiknya mengetahui berbagai fakta mengenai keduanya. Meskipun memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai alat pengekstraksi buah dan sayuran, namun juicer dan blender memiliki perbedaan. Baik itu juicer maupun blender memiliki karakteristiknya masing-masing.

Perbedaan mendasar antara juicer dengan blender adalah tentang cara penggunaan dan hasil akhirnya. Juicer merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan jus segar dalam bentuk terkonsentrasi.
Alat ini hanya menghasilkan jus dengan tidak menyertakan serat, kulit, atau biji buah dihasil akhirnya.

Bahan-bahan yang tidak digunakan tersebut dikumpulkan dalam saringan yang terdapat dalam juicer.
Setelah jus selesai dibuat, saringan dapat dengan mudah dilepas dan dibersihkan dari ampas.
Prosedur menggunakan juicer cukup sederhana dan menjadi cara mudah menyiapkan minuman untuk menemani sarapan di pagi hari.

Namun, juicer memiliki beberapa kelemahan. Serat buah yang dibutuhkan tubuh turut terbuang bersama ampas.


Demikian pula, dibutuhkan lebih banyak buah-buahan dan sayuran untuk membuat satu gelas jus terkonsentrasi daripada yang dibutuhkan untuk membuat satu gelas minuman menggunakan blender.
Membersihkan juicer juga relatif lebih sulit dibandingkan membersihkan blender.

Sedangkan blender biasa digunakan untuk menghaluskan makanan padat menjadi bubuk, pasta, atau adonan berbentuk halus. Pada blender, tidak terdapat ampas yang harus dibuang karena serat buah, kulit, dan biji turut tercampur dalam makanan hasil akhir. Jika ingin memisahkan ampas, makanan atau minuman hasil blender harus disaring secara manual terlebih dahulu.

Secara harga, blender umumnya lebih murah dibandingkan juicer. Blender juga lebih mudah dibersihkan dibandingkan juicer. Dengan kuantitas buah atau sayuran yang sama, blender akan menghasilkan kuantitas produk lebih banyak.



Keuntungan lain, blender bisa digunakan untuk membuat minuman dari buah-buahan yang tidak banyak mengandung jus seperti pisang atau mangga. Hanya saja, ahli gizi menyatakan bahwa serat yang turut terbawa oleh hasil blenderan mungkin akan lebih sulit diproses oleh pencernaan.
Jadi pilih juicer atau blender? Pilihan akan berpulang pada kebutuhan Anda.

Dengan mengetahui perbedaan antara keduanya, maka proses memutuskan tentu akan lebih mudah.

No comments:

Post a Comment