Friday, November 24, 2017

ANAK ANDA SUKA KOPI? BACA DULU ARTIKEL INI!

Kopi merupakan minuman yang bisa diminum oleh siapapun. Apalagi kopi cukup bermanfaat sebagai penambah semangat dan juga sebagai teman dikala santai. Namun apakah kopi baik jika diminum oleh anak-anak?



Pada dasarnya kafein kurang baik jika dikonsumsi oleh anak-anak. Beberapa anak kecil  mulai menyukai kopi ketika ia menginjak usia 12 hingga 22 tahun. Disarankan agar anak-anak yang sudah terlanjur menyukai kopi, agar meminum kopi tanpa Kafein. Hal ini dikarenakan, kebanyakan tubuh anak-anak belum kuat untuk menerima kafein. Namun rasanya susah jika mencari Kopi tanpa kafein, karena hampir semua jenis kopi pasti mengandung Kafein. Untuk itu, disarankan kembali agar anak tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi Kopi.  Jika anak mengkonsumsi kafein secara berlebihan, maka anak bisa terserang diare, insomnia (yang jelas tidak baik untuk kesehariannya dimana ia masih harus belajar di sekolah), adanya perubahan tekanan darah hingga mengalami sakit kepala. Apalagi anak-anak cenderung suka yang manis-manis. Rasa kopi yang pahit memang tidak membuatnya langsung menggemari minuman ini, namun ada kemungkinan anak akan meminta gula untuk menambahkan rasa manis pada kopi. Akibatnya bisa memicu obesitas pada anak. Negara maju seperti Amerika sekali pun melarang anak dibawah umur untuk mengkonsumsi kopi. Bahkan apa pun jenis minuman yang mengandung kafein, termasuk Soda.



Di dalam kopi terkandung zat adiktif yang membuat orang dewasa jadi ketagihan untuk meminumnya, begitu pula pada anak-anak apabila ia sudah terbiasa mengkonsumsi Kopi. Untuk itu, ada baiknya jika kebiasaan anda minum kopi tidak membuat anak anda mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.

Mungkin kopi bisa membantu orang dewasa untuk menenangkan pikiran, namun tidak untuk anak-anak. Ketika anak terlalu sering meminum kopi, maka efeknya adalah anak bisa menjadi hiperkatif. Dan jika kopi membuat orang dewasa lebih fokus melakukan sesuatu, lain halnya dengan anak-anak. Kopi justru membuat si kecil kehilangan konsentrasi.

Untuk itu, sebaiknya anak kecil disarankan untuk tidak meminum kopi terlebih dahulu. Kalau pun si kecil pernah mencicipinya dan menjadi suka, maka disarankan agar orang tua mengontrol kadar kafein yang masuk dalam tubuh si kecil supaya tidak berlebihan. Tapi dari pada diberi kopi, lebih baik mereka diberik mainan untuk anak supaya mereka lebih fokus terhadap dunia mereka di masa pertumbuhan ini.

No comments:

Post a Comment