Monday, December 18, 2017

KENAPA BOTOL SUSU PERLU DISTERILKAN?


Mencuci Dot bayi mungkin tidak begitu berat dan terasa menjadi tugas  yang nampaknya  sepele. Tapi sebaiknya jangan dsepelekan. Kebersihan dan kesterilan dot bayi sangat penting bagi kesehatan bayi kita.Mensterilkan dot bayi adalah rutinitas yang harus dilakukan seorang ibu. Segala yang digunakan untuk memberi makan bayi harus dicuci dan disterilkan sebelum dan setelah digunakan. Kenapa?

Merawat dot bayi itu sangat penting karena apabila dot tidak terjaga kebersihannya, bayi dapat mudah terserang penyakit, seperti diare. Cara merawat dot atau botol susu bayi dan dotnya adalah dengan membersihkan dan mensterilkannya. Kandungan lemak dan protein dalam susu sangat mudah lengket pada botol susu maupun dot sehingga jika saat membersihkannya kurang teliti dan bersih maka bakteri akan mudah berkembang baik di dalamnya. Jika lemak susu yang menempel pada botol susu atau dot tidak terangkat sempurna saat dibersihkan, akan menjadi bercak putih yang selanjutnya akan semakin sulit dibersihkan. Oleh karena itu, botol susu dan dot harus segera dicuci setelah digunakan.

Proses pembersihan biasa saja tidak lantas menghilangkan bakteri dari susu, sehingga bisa membuat bayi rentan terhadap penyakit menular. Jadi, sterilisasi pada botol susu bayi adalah keharusan untuk memastikan kesehatan yang baik untuk bayi Anda.



Lantas bagaimana cara membersihkan botol susu bayi dan dot dengan sempurna? Cuci botol dengan bersih dan sebaiknya memakai sabun khusus pencuci botol segera setelah digunakan. Kemudian sikat bagian dalam botol dengan sikat botol (Dr. Brown'sAll Bottle Brush ), lalu bilas dengan air bersih. Jika Anda menggunakan sabun cuci biasa, botol harus dibilas berulang kali dengan air bersih agar tidak ada sabun yang tersisa. Cuci dot dengan air bersih dan sabun pembersih botol, lalu balikkan bagian permukaan dalam dot ke arah luar dengan menyikat sela-sela dot sampai bersih kemudian bilas dengan air bersih dan kembalikan ke posisi semula.

Untuk cara modern, biasanya kebanyakan dari Anda mungkin menggunakan alat sterilisasi yang kini banyak dijual dipasaran. Secara tradisional, mungkin orangtua Anda akan menyarankan melakukan sterilisasi dengan menggunakan air mendidih dan kemudian didinginkan.




Sterilisasi bisa membantu melindungi bayi dari kuman dan infeksi. Bakteri berbahaya bisa tumbuh cepat di dalam susu dan tubuh bayi yang berusia di bawah 1 tahun karena belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang optimal. Selain itu sterilisasi juga membantu mencegah kematian bayi. Meskipun tidak bisa menciptakan lingkungan yang bebas kuman 100 persen, tapi dengan sterilisasi dapat mengurangi risiko bagi bayi.

No comments:

Post a Comment