Thursday, April 20, 2017

BAHAN-BAHAN MAKANAN YANG SEHARUSNYA TIDAK BERADA DI DALAM KULKAS

Kulkas atau lemari es, merupakan sebuah mesin pendingin untuk menyimpan segela jenis makanan maupun minuman. Biasanya selain menyegarkan, kulkas juga berfungsi untuk mengawetkan makanan dan minuman agar bisa bertahan lebih lama. Namun, tidak semua makanan bisa disimpan begitu saja di dalam kulkas. Berikut bahan makanan yang seharusnya tidak berada di kulkas.   

1. Telur 

Baik kulkas model lama maupun kulkas model baru, penyimpanan untuk telur sudah mempunyai tempatnya sendiri. Biasanya ada di bagian atas pintu kulkas. Hal ini dimaksudkan agar suhu yang diterima telur tidak terlalu dingin. Pintu kulkas adalah bagian kulkas yang sering dibuka dan ditutup. Jadi jika telur diletakkan disana, maka suhu yang diterima telur tidaklah terlalu dingin. Karena jika telur disimpan dalam temperatur yang tinggi, maka kandungan air di dalam telur bisa mengembang dan membeku sehingga bisa menyebabkan keretakkan pada kulit telur. Jika kulit telur retak, maka bakteri akan dengan mudah masuk. 

2. Sayuran

Kelembapan yang dihasilkan dari lemari es atau mesin pendingin kulkas akan menyebabkan kemangi cepat layu dan tidak segar. Untuk itu, jangan berlama-lama menyimpan sayuran di dalam kulkas. 
3. Buah-buahan 

Ada baiknya menyimpan buah-buahan dalam keadaan terpisah dari bahan makanan yang lainnya. Beberapa buah mengeluarkan gas tertentu sehingga jika dimasukkan ke dalam kulkas, akan mengganggu bahan makanan yang lainnya. Sementara untuk buah-buahan yang belum matang, sebaiknya buah tersebut tidak dimasukkan ke dalam kulkas, karena bisa memperlambat pematangan. 

4. Tomat

Tomat merupakan bahan makanan yang paling tidak suka dengan dingin. Jadi, lebih baik, segera makan atau masak tomat dari pada dia harus berlama-lama berada di dalam kulkas. 

5. Kentang

Kentang termasuk tumbuhan umbi akar yang juga berasal dari tanah. Cara menyimpan bahan makanan seperti kentang sebenarnya baik dilakukan di tempat yang dingin dan lembap. Akan tetapi, kulkas bukanlah tempat yang tepat. Kelembapan yang dihasilkan kulkas akan menaikkan kadar gula pada kentang. Akibatnya akan berpengaruh pada rasa dan tekstur kentang saat dimasak.



6. Mentega, Keju & Mayonais

Cara menyimpan bahan makanan seperti mentega, keju, dan mayonais sebaiknya diletakkan di rak bagian atas atau di pintu kulkas. Hal ini karena bahan-bahan makanan ini bisa kehilangan tekstur pengembangnya. Itu mengapa kita sering mengeluarkan bahan-bahan makanan tersebut lebih dulu dari mesin pendingin kulkas sebelum siap menggunakannya. Sebaiknya, gunakan tempat makan untuk menyimpan bahan-bahan makanan tersebut sebelum masuk ke dalam lemari pendingin.

7. Bawang

Bawang tumbuh di dalam tanah. Bawang memiliki lapisan kulit tipis yang harus dijaga agar tetap kering. Bawang tidak boleh disimpan di dalam mesin pendingin kulkas karena suhu yang terlalu lembab akan membuat bawang cepat busuk. Cara menympan bahan makanan seperti bawang sebaiknya dilakukan di tempat yang kering namun memiliki ventilasi yang baik. Sebaiknya simpan juga di dalam tempat yang gelap dan tidak terkena cahaya langsung, karena bisa menyebabkan rasa bawang menjadi pahit.

Wah, sepertinya hampir semua bahan makanan yang sering kita masukkan ke dalam kulkas malah dianjurkan untuk tidak masuk ke dalam kulkas. Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur? 

Sekali lagi saya ingatkan, bahan makanan tersebut tidak dianjurkan masuk ke dalam kulkas. Namun, jika memang sudah ada di dalam kulkas, tidak masalah. Asal segera digunakan dan jangan berlama-lama berada di dalam kulkas supaya nustrisi yang terkandung dalam makanan tidak hilang begitu saja. 

No comments:

Post a Comment